Rahasia di balik Kenikmatan Mie Sagu Khas Pontianak Warisan Nenek Moyang

Pesona Mie Sagu di Bakso & Bakmi Kepiting Halal Pak Usu

tengkokbiru.com - Kuliner memang sering kali menjadi magnet bagi para wisatawan. Selain menjadi kebutuhan primer, ragam kuliner juga merupakan hal yang menarik bagi semua orang untuk mencicipi beraneka jenis makanan yang ada di setiap Kota yang dikunjunginya. Termasuk Kota Pontianak. Sebagai kota yang memiliki gelar surga kuliner, Pontianak tentunya memiliki menu warisan tradisional turun-temurun dari nenek moyang. Apakah itu? Salah satunya adalah.....

Mie Sagu Khas Pontianak Pak Usu

Nah, mie sagu ini adalah salah satu warisan nenek moyang yang saat ini masih dikembangkan oleh para pebisnis kuliner yang ada di Pontianak. Salah satunya ialah Pak Usu. Walaupun sudah memiliki sekitar 8 cabang outlet makanan terkenal yang ada di Pontianak, kepeduliannya terhadap kuliner tradisional ini membuat saya salut dengan Ibu Yenna & Pak Edy sebagai pasangan Owner dari Pondok Ale-Ale & Ayam Pak Usu.

Bagaimana tidak? Jika dipikir-pikir, sebagai pebisnis kuliner yang sudah memiliki branding, ngapain lagi sih buka outlet makanan tradisional dengan harga murah dan keuntungan sedikit, iya gak? Akan tetapi, keuntungan besar dan berlimpah bukanlah menjadi prioritas utama mereka berdua dalam membangun bisnis kuliner. 

Baginya, yang terpenting adalah bisa memajukan kuliner khas daerah yang ada di Kalimantan Barat (Kalbar) khususnya Kota Pontianak. Selain itu ia juga ingin menghadirkan kenyamanan bagi masyarakat dengan mengolah bahan-bahan sendiri yang higienis dan ditangani langsung oleh para ahlinya. Wow, salah satu mental orang sukses bukan? hehe.

Saya itu mempunyai impian untuk bisa memajukan kuliner yang ada di Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak. Maka dari itu, saya ingin membangkitkan lagi makanan-makanan khas tradisional yang mungkin hanya ada beberapa di berbagai tempat makan. Selain itu, saya juga menggunakan bahan-bahan alami tanpa pengawet.
- Yenna Wiguna - 

Sharing dari Ibu Yenna kepada Komunitas Blogger Pontianak

Selain cerdas dalam melihat kebutuhan kuliner yang masyarakat inginkan, Ibu Yenna & Pak Edy juga salah satu sosok owner ramah dan rendah hati terhadap siapapun orang yang ingin mengenalnya. Walaupun sudah menjadi salah satu pebisnis kuliner yang sukses di Pontianak, namun mereka tetap mau berbagi ilmu kepada siapapun, termasuk kami dari Komunitas Blogger Pontianak.

Pada tanggal 21 September 2019, kami dari Buda' Blogger diundang untuk berkunjung ke salah satu outlet terbarunya yaitu Bakso & Bakmie Kepiting Halal Pak Usu Pontianak, di Jln. Putri Candramidi (Eks Pondok Ale-Ale). Kehadiran kami di sana adalah untuk mencicipi menu terbaru dari Bakso & Bakmie Kepiting Halal Pak Usu Pontianak.

Sebelum menikmati hidangan menu terbarunya, kami sempat dijelaskan terlebih dahulu mengenai bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam membuat Bakso, Bakmie Kepiting dan Mie Sagu.

Setelah itu kami pun dihidangkan 3 menu tradisional salah satunya ialah Bakmie Kepiting Halal, Mie Sagu Khas Pontianak dan minuman Es Jeruk Sengkit.

Nah, berbicara tentang Mie Sagu, makanan tradisional ini sering kali membuat para pencinta kuliner penasaran ingin mecicipinya. Namun, sebelum membahas tentang kenikmatan cita rasanya di Mie Sagu Pak Usu, kalian harus tahu terlebih dahulu mengenai manfaat dan campuran apa saja yang ada di dalam Mie Sagu. Simak informasi di bawah ini!


 Bahan Campuran Mie Sagu & Manfaatnya

Manfaat & bahan-bahan yang ada di dalam campuran mie sagu khas Pontianak

Makanan tradisional mie sagu ini terbuat dari bahan baku utama yaitu Sagu. Banyaknya pohon sagu yang tumbuh di dataran Kalimantan ini, dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai sumber bahan makanan yang nikmat untuk dicicipi. 

Selain nikmat untuk dimakan, di dalam sagu ini juga memiliki karbohidrat yang tinggi sehingga menguntungkan bagi kesehatan tubuh manusia untuk di konsumsi. Salah satunya ialah menambah sumber energi dan juga mencegah darah tinggi. Jadi untuk yang suka emosian (darah tinggi), makan ini aja ya biar tenang. hahahaha.

Nah, untuk bahan-bahan campuran yang ada di dalam mie sagu seperti Ikan Teri, Kacang Tanah, Kecambah, Daun Kucai dan Kuah Kaldu, ternyata memiliki manfaat juga loh bagi kesehatan. Silahkan di klik aja ya gambar di atas untuk mengetahui manfaatnya. hehehe.

Sudah tahu kan manfaatnya apa aja. Nah, kali ini saya mau kasi rekomendasi tempat makan mie sagu yang sangat recommended dan wajib kalian coba. Mengapa wajib? Karena menurut saya tempat ini ada banyak keunggulan yang harus kalian ketahui dan coba. Mau tau apa-apa aja? Ini dia!

1. Produksi yang Higienis

Penyajian Mie Sagu Khas Pontianak

Syarat yang paling utama dalam berbisnis kuliner itu ialah Kebersihan. Penyajian yang bersih dan higienis merupakan hal terpenting dalam makanan sehingga yang disajikan pun tidak membahayakan kesehatan konsumen. Karena jika melihat Investigasi yang biasa tayang di televisi itu, terkadang membuat saya "ngeri" ingin mencoba makanan di tempat sembarangan. 

Akan tetapi, kali ini teman-teman tak perlu khawatir lagi. Bakso & Bakmie Kepiting Halal Pak Usu ini, tidak usah diragukan lagi dalam kebersihannya. Selain sudah mendapatkan Sertifikasi Halal MUI, Penyajian makanannya pun di ruang yang sangat terbuka. Sehingga kita semua bisa menyaksikan langsung proses penyajian makanannya seperti apa. Enak 'kan? hehehe.

2. Harga Merakyat, Pelayanan Cepat!

Hidangan Mie Sagu Khas Pontianak & Bakmie Kepiting Khas Pontianak

Nah, ini yang kalian tunggu-tunggu, kan? Ngaku aja deh! hahaha. Siapa sih yang gak mau makan dengan harga merakyat tapi makanannya juga lezat? Saya aja udah ngulang 3 kali nih *Ops ketahuan deh* haha. Bakso & Bakmie Kepiting Halal Pak Usu ini harga mie sagunya dibanderol dengan harga Rp 10.000 aja lho. Murah gak? Ya murahlah! Memiliki fasilitas tempat yang High Class, bagi saya harga segini sangat murah lho teman-teman. 


Ibu Yenna & Komunitas Blogger Pontianak

So, buruan langsung bawa keluarga, pacar dan sahabat kalian untuk mencicipi hidangan tradisional terbaik di Pontianak hanya di Bakso & Bakmie kepiting Halal Pak Usu.

Selain harganya yang murah, pelayanan di Bakso & Bakmie Kepiting Halal Pak Usu ini juga terbilang cepat, teman-teman! Selang beberapa menit saya memesan, makanannya langsung disajikan dalam keadaan panas. Tanpa lama-lama lagi, langsung saya santap deh. hehehehe. Untuk memberi warna cita rasa pada makanan Mie Sagunya, jangan lupa pesan Es Jeruk Sengkit ya. Pokoknya siap-siap ketagihan deh dengan rasanya yang pas dan fresh sekali di tenggorokan. hehehe.

3. Aplikasi Reward Poin dari Pak Usu, Download Sekarang!

Apps Store Ayam Pak Usu

Nah, ini nih yang paling menarik. Selain dikenal dengan kebersihan dan kenikmatan cita rasa makanannya, di Ayam Pak Usu ini ternyata juga memiliki aplikasi di PlayStore. Tujuannya, untuk mempermudah pelanggan mengetahui informasi ter-update dari Ayam Pak Usu Pontianak, dan mendapatkan poin yang banyak untuk ditukarkan.

Selain bisa memberikan informasi ter-update, aplikasi ini juga memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk mendapatkan reward poin yang banyak, supaya bisa mendapatkan potongan harga makanan yang lebih murah dari harga aslinya. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi berikut ini!
  • Download Aplikasi Ayam Pak Usu di PlayStore kalian.
  • Setelah selesai men-download, buka aplikasinya dan dapatkan 10.000 poin promo dari Ayam Pak Usu.
  • Poin promo hanya berlaku selama 3 bulan.
  • Aplikasi Ayam Pak Usu cuma sebagai penyedia cashback dalam bentuk poin, bukan nominal rupiah.
  • Pengguna poin untuk transaksi minimal 10.000 poin (berlaku untuk kelipatan) Keterangan: 10.000 poin, 20.000 Poin, 30.000 poin, 40.000 poin, 50.000 poin dan seterusnya.
  • Maksimal penukaran poin sebesar 200.000 poin dalam satu kali transaksi.
  • Setiap transaksi dengan jumlah Rp 50.000,- pengguna akan mendapatkan bonus sebesar 500 poin loh (berlaku untuk kelipatan).
Contohnya:
  1. Rp 50.000 - Rp 99.999 = 5.000 poin
  2. Rp 100.000 - Rp 149.999 = 10.000 poin
  3. Rp 150.000 - Rp 199.999 = 15.000 poin
  4. Rp 200.000 - Rp 249.999 = 20.000 poin
  5. Rp 250. 000 - Rp 2999.99 = 25.000 poin (dan seterusnya)
  • Masa berlaku penggunaan poin Aplikasi Ayam Pak Usu akan berakhi di setiap tahunnya (31 Des 2019).
  • Poin ini tidak dapat diuangkan dengan alasan apapun.
  • Aplikasi Ayam Pak Usu tidak dapat melakukan order menu, karena hanya bersifat informasi.
  • Pengguna aplikasi Ayam Pak Usu wajib mentaati peraturan yang diberlakukan oleh setiap Outlet Ayam Pak Usu.
  • Aplikasi Ayam Pak Usu berhak melakukan tindakan Pemblokiran Akun, jika pengguna Ayam Pak Usu melakukan tindakan kecurangan atau penyalahgunaan terhadap aplikasi Ayam Pak Usu.
  • Aplikasi Ayam Pak Usu dilindugi oleh undang-undang ITE.
  • Syarat dan kententuan Aplikasi Ayam Pak Usu dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Tidak berlaku untuk Outlet Ayam Pak Usu Mitra Medika dan Bakso & Bakmi Pak Usu
    Untuk info lebih lengkap, teman-teman bisa langsung cek di Aplikasi Ayam Pak Usu ya mengenai syarat & ketentuannya. Yuk, download sekarang!

    Link Aplikasi PlayStore ---> Ayam Pak Usu 

    Attention Please!

    Pengisi acara Pontianak Creative & Culinary 2019

    Bro! Sist! Ada kabar gembira nih untuk kalian semua para pencinta kuliner. Pada tanggal 16-20 Oktober 2019 nanti, akan ada Pontianak Creative & Culinary 2019 yang akan hadir di Halaman Parkir Mega Mall Ayani PontianakCatet ya tanggalnya!

    Disana nanti akan ada acara-acara menarik lho yang dihadirkan oleh Pontianak Creative & Culinary 2019. Mulai dari hiburan musik lokal, lomba mewarnai, fashion show serta lomba makan yang dimeriahkan oleh Youtuber dan Selebrgam Pontianak, atau dikenal dengan mukbang dalam bahasa gaulnya. Duh kebayangkan serunya seperti apa, makanya jangan sampai terlewatkan ya! hehehe.

    Competition Mukbang

    Referensi:
    1. Dokumen Pribadi
    2. Hellosehat.com, bppt.go.id

    Posting Komentar

    5 Komentar

    1. Wah kini saya sudah tahu rahasianya, ternyata mengonsumsi mie sagu baik untuk kesehatan. Terima kasih atas informasinya morin. Sukses selalu :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya kak hehe , semoga selalu diberi kesehatan ya.... Dan selamat mencoba hehe

        Hapus
    2. Selain rasanya enak dan tekstur yang unik, ternyata Mie Sagu juga sangat baik bagi kesehatan ya. Wah, udah gak diragukan lagi ini ya.. Thanks min infonya..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bener banget , dan specialnya disini , makan Mie Sagunya di tempat yang ala-ala restoran lho... Cus ajak keluarganya langsung hehehe.

        Hapus
    3. Maulah bang, nanti kalo kesini ajak-ajak ye! Biar bawa kawan turis juga ke sini

      BalasHapus